Bekerja Lebih Sedikit Raih Lebih Banyak, Segera Setelah Membaca Artikel Ini!

Pernahkah Anda ingin memiliki tiga puluh enam jam sehari karena dua puluh empat tidak cukup? Tenggat waktu untuk tugas dan proyek yang diberikan tampaknya terlalu dekat sehingga Anda tidak dapat menyelesaikannya tepat waktu. Lebih buruk lagi, gaya hidup yang tidak seimbang meningkatkan stres yang membuat Anda tidak bahagia dan kehilangan keindahan hidup Anda. Namun, Anda bukan satu-satunya orang dengan dua puluh empat jam sehari, orang tersibuk dengan jadwal tersibuk di planet ini memiliki jumlah waktu yang sama persis. Mereka pandai dalam manajemen waktu karena mereka tahu bagaimana manajemen waktu yang baik membuat hidup mereka lebih baik.

Bukankah lebih baik jika Anda menyelesaikan proyek atau tugas Anda sebelum waktu yang ditentukan, sehingga Anda dapat beristirahat atau minum kopi? Ketika Anda mengatur waktu Anda dengan bijak, Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk diri sendiri. Lebih dari itu, Anda tidak akan stres lagi karena Anda tahu persis apa yang akan terjadi selanjutnya (sebagian besar waktu). Bagian yang terbaik adalah, Anda akan memiliki pekerjaan dan keseimbangan hidup yang lebih baik yang akan memberikan cukup waktu bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai atau berlatih hobi.

Jika saya membuat Anda yakin, mari kita lihat bagaimana mengelola waktu kita yang berharga secara efektif dengan empat teknik yang telah terbukti ini.

Teknik pertama dan paling efektif adalah merencanakan hari Anda sebelumnya. Pikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan besok mulai hari ini dan tuliskan. Tentu saja ada beberapa metode yang dapat Anda rencanakan hari Anda. Misalnya, penjurnalan; banyak orang sukses membuat jurnal, jurnal sudah dibuat untuk tujuan perencanaan, jadi mudah untuk merencanakan hari Anda dengan jurnal. Faktanya, setelah saya mulai menulis jurnal, hidup saya telah banyak berubah. Bagi saya, membuat jurnal lebih dari sekadar merencanakan ‘besok’ karena membantu saya melacak sepanjang tahun. Artinya, penjurnalan akan memberi Anda analisis paling akurat tahun ini dan Anda akan dapat melihat perkembangan Anda, juga memperbaiki kesalahan Anda untuk tahun depan.

Cara lain untuk merencanakan hari Anda ke depan adalah dengan membuat daftar tugas. Sederhana, mudah, dan dapat dibuat dalam waktu singkat, cukup tulis apa yang harus dilakukan untuk hari itu. To-do list bisa di jurnal Anda sesuai keinginan. Untuk membuat daftar tugas secara efektif, Anda harus meletakkan tugas Anda di blok waktu. Pikirkan tentang tugas apa pun yang perlu Anda lakukan; menulis esai, pergi ke gym atau mempersiapkan diri untuk final. Apa pun tugas Anda, berikan periode waktu tertentu untuk tugas tertentu. Misalnya, belajar selama satu jam, dengan melakukan ini Anda memaksa diri Anda untuk menyelesaikan studi Anda dalam satu jam, akibatnya Anda menghindari gangguan.
Tapi tunggu, bagaimana Anda menebak perkiraan waktu untuk tugas atau aktivitas tertentu? Jika Anda tidak yakin tentang berapa banyak waktu yang harus Anda tetapkan untuk suatu tugas, maka Anda cukup mengujinya. Atur stopwatch Anda (Anda memilikinya di ponsel Anda jika tidak di internet) dan hentikan ketika Anda menyelesaikannya, sekarang Anda tahu berapa lama tugas tertentu itu berlangsung. Saat melakukan itu, Anda harus menghindari gangguan seperti media sosial atau panggilan telepon, ingat, Anda punya waktu terbatas untuk menyelesaikan tugas Anda.

Kedua, karena manajemen waktu adalah tentang mendapatkan yang terbaik dari waktu Anda, memprioritaskan adalah kuncinya. “Jika tugas Anda untuk memakan seekor kodok, maka yang terbaik adalah melakukannya di pagi hari. Dan jika tugas Anda adalah memakan dua katak, maka yang terbaik adalah memakan yang terbesar terlebih dahulu”, kata Mark Twain. Kerjakan tugas terpenting Anda terlebih dahulu, yang biasanya dilakukan di pagi hari. Setelah Anda selesai dengan itu, lakukan tugas-tugas yang kurang relevan. Dengan melakukan ini, alur kerja Anda menjadi lebih teratur dan membantu Anda menjadi lebih memadai.

Ketiga, luangkan waktu Anda, istirahatlah secara teratur. Tanpa istirahat yang cukup, Anda tidak bisa produktif. Anda dapat mengatur waktu istirahat Anda dengan teknik Pomodoro yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo. Pada dasarnya, Anda bekerja selama dua puluh lima menit dan istirahat lima menit. Namun, saya memodifikasi teknik ini untuk diri saya sendiri dan Anda dapat melakukan hal yang sama karena ini seperti template yang dapat Anda gunakan.

Anda dapat menggunakan template yang luar biasa ini dengan dua cara, inilah yang saya lakukan, pertama, saya mengubah blok waktu, bagi saya itu adalah empat puluh lima menit kerja dan lima menit istirahat. Di sisi lain, ketika saya menulis, saya membuat outline terlebih dahulu, setelah saya selesai membuat outline, saya istirahat sepuluh menit, lalu saya mulai menulis. Seperti yang Anda lihat, Anda dapat mengubah blok waktu atau Anda dapat menyesuaikannya dengan diri Anda sendiri sebagai jeda berbasis tugas. Karena dalam tugas tertentu, bagi saya menulis, Anda menjadi sangat fokus dan mengikuti arus, jadi Anda tidak ingin berhenti. Setelah menyelesaikan empat siklus seperti ini, istirahat lebih lama dua puluh menit. Sekali lagi, gunakan sesuai keinginan Anda.

Yang terakhir, lakukan rutinitas pagi dan bangun lebih awal. Bagaimana Anda memulai hari Anda? Apakah Anda memeriksa ponsel pintar Anda dan membuka media sosial atau merapikan tempat tidur Anda? Jika Anda menggunakan ponsel, maka Anda membuang-buang waktu. Inilah yang terjadi, saya melacak berapa banyak waktu yang saya habiskan di media sosial di pagi hari dan itu kira-kira tiga puluh menit. Alih-alih menghabiskan tiga puluh menit di media sosial, saya mulai menggunakan waktu itu untuk diri saya sendiri, peningkatannya luar biasa. Jika Anda tidak percaya saya coba sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *